Date-Time 2 JackAngel

Jumat, 20 Maret 2009

Gejala Gangguan Mata Karena Penggunaan Komputer Berlebihan

Jika sering bekerja dengan menggunakan komputer, mungkin Anda pernah mengalami berbagai gangguan penglihatan yang tentu akan menghambat pekerjaan. Gangguan ini sering disebut dengan Computer Vision Syndrome atau CVS.
Persatuan dokter mata Amerika, The American Optometric Association -AOA, mendefinisikan CVS sebagai masalah mata dan penglihatan yang kompleks yang berhubungan dengan pekerjaan, yang dialami selama atau berhubungan dengan penggunaan komputer.

Langkah pertama untuk mengatasi CVS, adalah mengenali berbagai gejala CVS. Di antaranya:

Sakit Kepala
Sakit kepala adalah alasan utama orang untuk melakukan tes mata. Hal ini juga masalah tersulit untuk didiagnosa dan ditangani secara efektif.
Sakit kepala karena gangguan mata biasanya:
- Terjadi di bagian depan kepala (dengan beberapa pengecualian)
- Terjadi sering di tengah hari atau sore hari
- Tidak terjadi ketika bangun tidur
- Tidak menyebabkan 'aura' pada pandangan atau cahaya terang
- Terjadi dengan pola yang berbeda (atau tidak sama sekali) pada akhir minggu atau sepanjang minggu
- Terjadi di satu belahan kepala lebih sering daripada di bagian yang lain


Mata Kering atau Iritasi
Meskipun berkedip merupakan reflek, kita cenderung untuk berkedip lebih sedikit saat bekerja dengan menggunakan komputer. Hal ini menyebabkan mata kita jadi kering dan tidak nyaman (mungkin juga penglihatan jadi kabur)
Penglihatan Kabur (jauh atau dekat)
Di lingkungan seperti kantor, penglihatan yang kabur bisa juga sebagai hasil dari layar monitor yang kotor, sudut pandang minim, pantulan cahaya, atau juga sebagai hasil dari layar monitor yang jelek atau rusak. Tapi bisa juga sebagai hasil dari kondisi yang jauh lebih serius seperti gangguan lensa mata (hyperopi, myopi, astigmatism), resep kacamata yang tidak cocok, presbiopi atau gangguan fokus.

Mata Lelah/tegang
Istilah mata lelah (eyestrain) jarang digunakan dokter mata. Kondisi ini sebenarnya jauh lebih rumit daripada sekadar "kelelahan otot mata", karena otot mata kita jauh lebih kuat dari yang dibutuhkan. Mata lelah bisa disebabkan berbagai kondisi lingkungan dan visual yang berbeda-beda.
Lambat Fokus
Ketika mata Anda sedang fokus pada objek yang dekat (seperti bahan bacaan) untuk jangka waktu yang lama, otot mata beradaptasi pada jarak pandang tersebut. Hal ini membuat stres otot mata, yang membuatnya jadi agak susah rileks. Pada saat mata melihat jauh, objek lainnya muncul sebagai gambar buram ketika berubah dari dekat-ke-jauh atau sebaliknya. Meskipun hal ini seringnya berupa kondisi sementara, bisa juga merupakan tanda masalah penglihatan di masa depan. Jika terus berlanjut, segera hubungi dokter.

Sakit Leher/Punggung
Secara alamiah sistem penglihatan kita sangat dominan, sehingga kita akan selalu berusaha menyesuaikan posisi tubuh untuk mendapatkan penglihatan yang terbaik. Sehingga terkadang kiita mengalami sakit pada leher atau punggung.

Penglihatan Ganda
Karena mata ada dua, keduanya harus berkoordinasi dengan tepat agar kita hanya melihat satu gambar saja. Ketika sistem koordinasi ini terganggu, misalnya jika bekerja dengan objek yang berjarak amat dekat dengan mata untuk waktu lama, kita bisa mengalami pandangan ganda.

Beberapa jenis gangguan mata berikut perawatannya

1. Kedutan
Pelupuk mata yang berkedut tanpa bisa dikendalikan biasanya berlangsung tidak sampai satu menit. Penyebabnya tidak diketahui tapi banyak orang yang menganggap bahwa kedutan tanpa rasa sakit itu ditimbulkan oleh rasa lelah dan ketegangan saraf.

Kedutan tidak berbahaya dan tidak membutuhkan pengobatan tapi Anda bisa melakukan perawatan sendiri untuk mengurangi kedutan tersebut dengan pijatan-pijatan lembut pada kelopak mata.

2. Timbil / Bintit
Berupa benjolan merah yang rasanya sakit pada pinggiran kelopak mata, yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan sebuah kantung rambut bulu mata. Timbilan biasanya penuh dengan nanah yang akan pecah dalam waktu satu minggu. Bagi infeksi yang membandel, dokter mungkin akan memberi resep krim antibiotik.

Untuk meringankan rasa sakit dan membantu timbil lebih cepat pecah, Anda bisa melakukan perawatan dengan mengompres mata dengan air hangat bersih 4 kali sehari selama sepuluh menit. Biarkan timbil pecah sendiri lalu bilaslah mata Anda dengan bersih.

3. Kelopak Mata Mengendur
Pelupuk mata atas Anda bisa menjadi kendur bila otot yang bertugas menahan kelopak mata itu melemah. Biasanya di sebabkan oleh faktor usia yang menua, trauma atau gangguan saraf dan otot. Tindakan pembedahan untuk memperkuat otot penopang akan dianjurkan dokter jika kelopak mata yang mengendur sampai mengganggu pandangan.

Hal yang harus Anda waspadai, jika kelopak mata Anda kendur secara mendadak segera periksa ke dokter. Karena bisa jadi hal ini berkaitan dengan penyakit stroke atau masalah-masalah akut lain pada sistem saraf Anda

4. Kelopak Mata Bengkak
Peradangan kronis yang terjadi sepanjang pinggiran kelopak mata biasa disebut Blefaritis. Kondisi ini dapat menyertai mata kering. Pada sebagian orang kelenjar dekat bulu mata mereka menghasilkan minyak yang berlebih sehingga merangsang pertumbuhan bakteri dan menyebabkan kulit teriritasi, gatal-gatal dan merah. Sisik-sisik kecil terbentuk sepanjang pingiran kelopak mata sehingga makin meiritasi kulit Anda.
Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres kelopak atas mata yang tertutup dengan air. Lakukan 2 – 4 kali sehari selama sepuluh menit. Kemudian basuhlah sisik-sisik itu dengan air hangat atau shampo bayi yang sudah dilarutkan. Namun jika kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi, maka dokter akan memberi resep salep atau antibiotik oral

cegah kerusakan mata akibat komputer

Lebih dari 80% pekerjaan di kantor diselesaikan dengan memanfaatkan komputer. Peran komputer yang sangat luas dewasa ini, ditambah penggunaan internet yang semakin populer menyebabkan para pekerja menghabiskan waktunya di depan komputer sedikitnya 3 jam sehari.

'Keakraban' Anda dengan komputer konon bisa menimbulkan beberapa penyakit yang misterius. Mulai dari sakit kepala (migrain, pusing), radang sendi, dan penyakit mata. Yang disebut belakangan merupakan penyakit yang seringkali muncul akibat pemakaian komputer. Dan konon, seringnya mata menatap layar komputer setiap harinya bisa menyebabkan Anda kehilangan penglihatan beberapa tahun ke depan, sekalipun usia Anda masih tergolong muda. Mengerikan ya..?

Nah, sebelum itu terjadi Anda harus mencegahnya. Anda kudu merawat dan memelihara indra penglihatan yang sangat penting dalam kehidupan ini. Karena bagaimana Anda bisa bekerja dengan baik jika penglihatan Anda terganggu? Di bawah ini adalah beberapa upaya untuk mencegah kerusakan mata akibat pemakaian komputer:

Istirahatkan mata Anda
Penglihatan yang diarahkan ke layar komputer secara terus menerus menyebabkan kelelahan dan ketegangan pada mata Anda. Ini akan menyebabkan mata perih dan berair. So, setiap kali Anda bekerja dengan komputer, sesekali istirahatkan pandangan Anda dari layar komputer. Biarkan mata Anda istirahat sejenak, sehingga mata Anda terhindar dari ketegangan.

Kedipkan mata
Selama bekerja, kedipkan dan pejamkanlahlah mata Anda sesering mungkin. Tindakan ini akan mengendurkan otot-otot mata Anda yang tegang dan kaku. Saat memejamkan mata, lakukan tindakan pemijatan pada mata Anda dengan kedua jari agar penglihatan Anda semakin jernih.

Gunakan obat tetes mata
Jika mata Anda terasa perih, gunakan obat tetes mata. Hal ini juga untuk mencegah kekeringan pada mata Anda. Setelah memakai obat tetes ini, pejamkan mata Anda selama beberapa detik, hingga obat tetes itu meresap ke mata Anda.

Gunakan penerangan yang cukup
Gunakan penerangan yang cukup saat Anda menggunakan komputer. Jangan terlalu redup dan jangan terlalu silau. Penerangan yang tidak tepat akan mempercepat kerusakan mata. Hal ini juga perlu Anda perhatikan saat Anda membaca dan beraktifitas dengan mengandalkan penglihatan Anda, misalnya menulis, presentasi, dll.

Pakai layar anti silau
Layar anti silau akan melindungi mata dari sinar yang dipantulkan monitor yang menyilaukan. Maka, jika memungkinkan gunakan layar anti silau pada komputer Anda.

Pakai kacamata
Jika komputer Anda tidak bisa menggunakan layar anti silau, gunakan kacamata setiap kali Anda menatap komputer. Terutama jika mata Anda menderita gangguan mata seperti minus, plus, atau silinder. Penggunaan kacamata ini akan menghindari kerusakan mata yang lebih parah.

Posisi monitor
Perhatikan posisi aman komputer Anda. Letakkan komputer pada jarak 18 sampai 50 inch dari posisi Anda duduk. Hal ini juga perlu ditunjang dengan cara duduk Anda. Duduklah dengan posisi tegak namun rileks, jangan terlalu kaku dan jangan kebanyakan bersandar. Selain membantu pandangan Anda, tindakan ini juga mencegah kelainan bentuk tulang belakang.

Konsumsi vitamin
Agar mata Anda senantiasa sehat, konsumsilah vitamin untuk mata secara teratur. Vitamin A dan C diyakini dapat mempertahankan dan menambah jernih fungsi penglihatan Anda.

Nah, mulai sekarang perhatikan kesehatan mata Anda dengan baik. Paling tidak, Anda dapat melakukan upaya di atas untuk mencegah kerusakan mata akibat pemakaian komputer. Karena jika bukan Anda, siapa lagi yang peduli mata panca indra Anda yang paling berharga ini? Selamat bekerja...!

Cegahan Kerusakan Mata

Pontianak,- Sepanjang bulan Agustus tahun 2003 ini, Dinas Kesehatan Kota Pontianak mencanangkan Bulan Vitamin A. Pencanangan tersebut berupa pemberian vitamin A secara gratis kepada balita di seluruh Kota Pontianak ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, drg Oscar Primadi MPH, pemberian vitamin dilakukan di setiap Puskesmas yang ada di setiap kecamatan Kota Pontianak. Masyarakat dapat leluasa untuk membawa balitanya ke Puskesmas atau Posyandu terdekat tanpa ada persyaratan tertentu untuk mendapatkan satu kapsul vitamin A. Di mana kapsul itu terdiri dari dua jenis untuk masing-masing usia. Kapsul vitamin A biru dengan dosis 100 ribu IU hanya diberikan untuk bayi usia 6 sampai 11 bulan. Sedangkan kapsul vitamin A merah dengan dosis 200 ribu IU diberikan untuk anak balita usia 12 sampai 59 bulan.

"Program ini rutin kita laksanakan setiap Bulan Pebruari dan Agustus setiap tahunnya. Sangat penting untuk balita karena khasiat Vitamin A berfungsi mencegah kerusakan pada mata," kata Oscar sembari mengatakan program ini juga merupakan upaya pemerintah untuk menyehatkan mata dan kulit yang harus dimulai sejak usia dini.

Kerusakan yang terjadi pada mata, jelasnya, seperti berkurangnya fungsi penglihatan pada waktu sore hari (magrib) yang sering dinamakan "buta senja" atau "rabun ayam". Hal semacam ini bila tidak segera mendapat vitamin A, akan timbul bercak putih pada mata, lalu seluruh mata mengalami kerusakan dan akhirnya buta. Kebutaan ini tidak dapat disembuhkan kembali walaupun dioperasi. Berbeda dengan katarak atau mata minus/plus.

"Anak yang kekuarangan vitamin A, bila terserang campak, diare, atau penyakit infeksi lain, maka penyakitnya akan lebih parah; bahkan bisa mengakibatkan kematian," tambah Kasi Gizi Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Uray Ridwan, Dcn yang saat itu mendampingi Kadis ketika diwawancara.

Uray lalu menjelaskan selain berbentuk kapsul, vitamin A dapat diperoleh dari ASI atau makanan yang berasal dari hewan (susu, daging, hati dan telur) atau dari sayuran hijau serta buah-buahan berwarna merah atau kuning (mangga dan pepaya). "Tetapi, karena anak jarang makan sumber vitamin A tersebut, sedangkan vitamin A begitu penting, maka anak harus mendapatkan kapsul vitamin A setiap enam bulan hingga usia 5 tahun," paparnya.

Karena itulah, Oscar mengingatkan kapsul vitamin A sangat penting bagi kesehatan mata balita. Hingga ia pun mengharapkan kepada masyarakat khususnya kaum ibu untuk dapat berbondong-bondong ke Puskesmas atau Posyandu dengan membawa anaknya untuk mendapatkan satu kapsul vitamin A secara gratis. "Cegah sebelum terlambat, karena mata adalah sumber penglihatan yang sangat berharga," Oscar mengingatkan. (vie)

< Sepanjang bulan Agustus tahun 2003 ini, Dinas Kesehatan Kota Pontianak mencanangkan Bulan Vitamin A. Pencanangan tersebut berupa pemberian vitamin A secara gratis kepada balita di seluruh Kota Pontianak ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, drg Oscar Primadi MPH, pemberian vitamin dilakukan di setiap Puskesmas yang ada di setiap kecamatan Kota Pontianak. Masyarakat dapat leluasa untuk membawa balitanya ke Puskesmas atau Posyandu terdekat tanpa ada persyaratan tertentu untuk mendapatkan satu kapsul vitamin A. Di mana kapsul itu terdiri dari dua jenis untuk masing-masing usia. Kapsul vitamin A biru dengan dosis 100 ribu IU hanya diberikan untuk bayi usia 6 sampai 11 bulan. Sedangkan kapsul vitamin A merah dengan dosis 200 ribu IU diberikan untuk anak balita usia 12 sampai 59 bulan.

"Program ini rutin kita laksanakan setiap Bulan Pebruari dan Agustus setiap tahunnya. Sangat penting untuk balita karena khasiat Vitamin A berfungsi mencegah kerusakan pada mata," kata Oscar sembari mengatakan program ini juga merupakan upaya pemerintah untuk menyehatkan mata dan kulit yang harus dimulai sejak usia dini.

Kerusakan yang terjadi pada mata, jelasnya, seperti berkurangnya fungsi penglihatan pada waktu sore hari (magrib) yang sering dinamakan "buta senja" atau "rabun ayam". Hal semacam ini bila tidak segera mendapat vitamin A, akan timbul bercak putih pada mata, lalu seluruh mata mengalami kerusakan dan akhirnya buta. Kebutaan ini tidak dapat disembuhkan kembali walaupun dioperasi. Berbeda dengan katarak atau mata minus/plus.

"Anak yang kekuarangan vitamin A, bila terserang campak, diare, atau penyakit infeksi lain, maka penyakitnya akan lebih parah; bahkan bisa mengakibatkan kematian," tambah Kasi Gizi Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Uray Ridwan, Dcn yang saat itu mendampingi Kadis ketika diwawancara.

Uray lalu menjelaskan selain berbentuk kapsul, vitamin A dapat diperoleh dari ASI atau makanan yang berasal dari hewan (susu, daging, hati dan telur) atau dari sayuran hijau serta buah-buahan berwarna merah atau kuning (mangga dan pepaya). "Tetapi, karena anak jarang makan sumber vitamin A tersebut, sedangkan vitamin A begitu penting, maka anak harus mendapatkan kapsul vitamin A setiap enam bulan hingga usia 5 tahun," paparnya.

Karena itulah, Oscar mengingatkan kapsul vitamin A sangat penting bagi kesehatan mata balita. Hingga ia pun mengharapkan kepada masyarakat khususnya kaum ibu untuk dapat berbondong-bondong ke Puskesmas atau Posyandu dengan membawa anaknya untuk mendapatkan satu kapsul vitamin A secara gratis. "Cegah sebelum terlambat, karena mata adalah sumber penglihatan yang sangat berharga," Oscar mengingatkan. (vie)

Kerusakan pada Mata yang Berakibat Fatal Bagi Kehidupan

Mata adalah salah satu alat panca indera yang mempunyai peranan penting, tapi dewasa ini, kesehatan mata terganggu oleh beberapa faktor dan apabila tidak diobati, maka akan mengalami kerusakan pada mata yang berakibat sangat fatal.

Mata berfungsi sebagai alat indera untuk manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk menghasilkan sebuah objek yang baik, mata mempunyai daya stereoskopi atau penginderaan tiga dimensi yang biasa disebut dengan daya penginderaan ruang. Namun tidak semua mata mempunyai daya tersebut. Untuk fungsi itu perlu dua mata yang fungsinya setara dan bisa terkoordinasi. "Jadi, orang yang memiliki satu mata tidak mempunyai gambaran tiga dimensi yang sebenarnya," tutur dr. Hadisujono S, spesialis mata.

Selain faktor tersebut, masih terdapat beberapa gangguan pada mata yang disebabkan perbedaan profesi dalam pekerjaan.

"Keluhan seorang nelayan tentu berbeda dengan profesi operator komputer," Hadisudjono memberi contoh.

Keluhan gangguan mata yang sering terjadi adalah pada seorang yang bekerja sebagai operator komputer, karena pada pekerjaan ini, mata selalu berhadapan dengan komputer, meskipun tidak selalu melihat komputer. Gangguan ini disebabkan oleh radiasi dari layar monitor yang terlalu tinggi, kelelahan mata, iritasi ringan seperti mata perih dan berair dan masih banyak lagi keluhan yang terjadi. Pupil mata bisa disamakan dengan diafragma kamera yang menyesuaikan kebutuhan ketajaman melihat pada jarak tertentu. Bila melihat dekat pupil mengecil agar bisa lebih fokus dan pandangan jadi lebih tajam.

Pupil bergerak sebanyak 75.000 - 150.000 kali per menit pada saat mata berhadapan dengan layar komputer, keyboard bahkan materi yang akan dikerjakan, hal ini lebih buruk dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai hobi membaca buku yang membuat pupil bergerak 1 - 5 kali per menit. Sehingga menimbulkan kelelahan seperti mengantuk, mata berair dan sakit kepala yang disebabkan otot-otot luar penggerak bola mata bekerja ketika membaca atau sedang berinteraksi dengan komputer.

Dewasa ini banyak sekali terjadi pencemaran yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan mata, sebagai salah satu contohnya adalah udara yang kotor. Apabila udara yang kotor tersebut mengandung butiran-butiran debu dan debu tersebut masuk ke dalam mata, maka mata akan otomatis membantuk sutau pertahanan alami yaitu dengan mengeluarkan banyak cairan (air mata) yang berfungsi membersihkan dan mengeluarkan debu yang masuk ke dalam mata.

Selain pencemaran udara, masih terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan mata, misalnya seringnya mengkonsumsi obat-obatan, pemakaian kosmetika yang digunakan di sekitar mata, hairspray, cat rambut, yang tanpa sadar beberapa faktor ini mengganggu fungsi dari kelenjar air mata, namun yang sering sekali muncul sebagai suatu keluhan adalah masalah rokok. Beberapa wanita banyak melakukan operasi yang dilakukan di sekitar mata dan operasi tersebut bukan dilakukan seorang profesional mata (spesialis mata) yang menyebabkan terputusnya kelenjar air mata, faktor ini juga merupakan suatu hal yang terpenting diantara beberapa faktor lainnya.

Beberapa ahli menyarankan beberapa cara untuk tetap dapat menjaga keindahan mata dan fungsi kesehatan dari mata, buntuk dapat menggunakan kaca mata yang berwarna hitam pada saat Anda bepergian diteriknya mata hari. Selain berfungsi sebagai pelindung mata dari debu, kaca mata hitam juga melindungi mata dari sinar matahari yang mengandung ultraungu dan inframerah yang tidak pernah disadari masyarakat.

Istirahatkan mata Anda selama beberapa menit apabila Anda harus bekerja di depan komputer secara terus menerus, "Cari yang hijau-hijau, atau biru. Manfaatnya, mata tidak melakukan akomodasi, sehingga tidak stres," tutur Hadisudjono. Menonton televisi terlalu dekat juga dapat menggangu kesehatan mata, ikuti petunjuk bagaimana cara menonton televisi yang baik, jarak mata dengan televis yang normal, dan satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah jangan menonton televisi dengan tiduran.

Pola hidup yang sehat juga dapat membantu kesehatan mata yaitu dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi. Apabila terjadi kekurangan vitamin A, maka akan terjadi gangguan pada kesehatan mata, namun masih banyak masyarakat yang masing menganggap ringan untuk kesehatan mata mereka. Selain beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata di atas, konsumsi obat-obatan, misalnya obat mag, juga dapat mengakibatkan kekeringan kelenjar air mata. Apabila donsumsi obat-obatan tersebut dalam waktu yang panjang, obat golongan steroid bisa mengakibatkan glaukoma, atau katarak. Selain itu, bahan kimia juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya, kaustik soda untuk wastafel mampet, minyak rem, pembersih AC, serta pembersih keramik dan porselin, yang biasanya bersifat basa atau alkali, apabila mengenai mata bisa langsung menghancurkan mata.

Penyebab jerawat

Penyebab sebenarnya mengapa seseorang mempunyai jerawat dan yang lain tidak punya masih belum diketahui secara menyeluruh. Beberapa faktor yang menyebabkan jerawat ialah:

  • Stres
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormon : Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (sebaceous gland) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang hiperaktif
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Iritasi kulit atau karena garukan
  • Anabolic steroid
  • Pil pengontrol kelahiran / pil KB, namun banyak wanita mengalami penurunan munculnya jerawat semasa pemakaian pil
  • Berada dalam lingkungan dengan kadar chlorine yang tinggi, terutama chlorinated dioxins, yang menyebabkan jerawat serius yang disebut Chloracne

    Dikarenakan pengetahuan medis tentang jerawat masih sedikit, banyak rumor salah beredar tentang penyebab jerawat:

  • Makanan. Coklat, snack, gula, susu dan seafood tidak menyebabkan jerawat. Penelitian medis hingga kini tidak menemukan perbedaan yang berarti antara timbulnya jerawat pada dua kelompok manusia, salah satu kelompok mengkonsumsi makanan di atas dan yang lain tidak. Tetapi, dalam buku The Acne Prescription, dermatologis radikal Nicholas Perricone menuturkan bahwa ini juga merupakan sebuah mitos, dan menyarankan diet khusus dengan menu ikan yang banyak dan sedikit gula.
  • Seks. Mitos umum menyatakan masturbasi dan tidak menikah dapat menyebabkan jerawat. Namun tidak ada bukti medis yang menguatkan pendapat ini.

Apa sihh Jerawat ituuu ???!!!

Jerawat (bahasa Inggris: acne) adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Daerah yang mudah terkena jerawat ialah di muka, dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan.

Peradangan pada kulit terjadi jika kelenjar minyak memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan sehingga terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar minyak dan pembentukan komedo (whiteheads) dan seborhoea. Apabila sumbatan membesar, komedo terbuka (blackheads) muncul sehingga terjadi interaksi dengan bakteri jerawat.

Jerawat digolongkan ringan bila bentuknya masih komedo dengan jumlah lesi kurang dari 30. Apabila jumlah lesi berkisar antara 30-125 maka dinamakan jerawat sedang (papule). Jerawat besar yang disebut nodul atau kista timbul bila lesi di atas 125.

Munculnya jerawat sering terjadi pada masa pubertas antara usia 14-19 tahun yang disebabkan oleh perubahan hormon pada remaja. Deteksi jerawat sejak dini sangat sulit sebab sebelum masa pubertas kulit anak akan mengalami pengelupasan tiga minggu sekali. Sedangkan ketika remaja, kulit mengelupas empat minggu sekali.

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.

Selain menimbulkan bekas jerawat, efek utamanya adalah pada jiwa seseorang, seperti krisis percaya diri atau minder dan depresi.

Komponen konsep diri yang sering terganggu pada remaja dengan munculnya jerawat yaitu gambaran diri (body image) dan harga diri, dimana pada masa remaja fokus individu terhadap fisik lebih menonjol dari periode kehidupan lain. Bentuk tubuh merupakan bagian dari gambaran diri, pada remaja yang berjerawat mengakibatkan perubahan bentuk tubuh dari remaja tersebut yang akan berdampak pada interaksi atau hubungan sosial dilingkungan, dimana remaja menjadi minder dan merasa tidak percaya diri yang akan mengakibatkan rendahnya harga diri.

Tetapi tidak semua remaja yang berjerawat dapat mengalami gangguan konsep diri, hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya pendidikan, pekerjaan, pengetahuan/ informasi yang didapat dari media seperti televisi, majalah yang diterima oleh setiap remaja.

Cara mengatasi jerawat(Untuk remaja)

Saat menginjak masa pubertas pasti kita nemuin neh benda menjengkelkan di wajah kita n bikin kita gak PD. Nah terus kalau udah jerawatan gimana dong?

Tips dan Trick untuk mengatasi jerawat :
1. Kenalilah jenis kulit wajah anda (Berminyak, kering, standar)
Jika wajah anda berminyak :
- Cucilah muka anda setiap 3 jam sekali (Ingat jangan menggunakan pembersih bertipe scrub!) Sering kita gak ngerti apa sih scrub itu akhirnya disaranin pake biore anti acne n men's scrub or lain2 itu sih sama aja mencetin jerawat kita n bikin jaringan parut yang parah di muka kita pada akhirnya. Jangan menggunakan pembersih macam2 cukup gunakan air dingin dan sabun (luv) kenapa harus sabun luv? Karena struktur busa di sabun luv itu lembut.
Jika wajah anda kering :
- Jangan terlalu sering cuci muka karena kulit wajah anda kering jika tipe kulit wajah seperti ini cuci muka maka tingkat proteksi kulit terhadap debu dan kuman dari luar jadi lemah sekali.
Jika wajah anda standar :
- Jangan gunakan produk apapun cukup gunakan sabun cusson baby dan biasakan dibilas dengan air hangat.

2. Jangan pernah ke dokter wajah!
Sudah buang-buang uang metodenya parah sekali. Kebanyakan dokter wajah itu menggunakan metode facial (Jerawat dipencetin) Lalu diberi krim sehingga kulit berminyak dan jika mobilitas anda tinggi maka anda akan menambah jumlah jerawat di wajah anda dan efek sambungannya sudah jelas : Wajah tambah parah n jaringan parut di wajah jadi banyak (Jerawatan itu mengerikan karena bisa menimbulkan jaringan parut!)

3. Obat yang saya sarankan : Neomedrol -->Belilah di apotik dan oleskan di jerawat anda maka besok paginya jerawat anda akan jadi kering dan tidak akan membekas di kulit.

4. Konsumsi buah dan sayur. Makan daging boleh tapi jgn makan telur! Telur ayam adalah pemicu timbulnya jerawat (Bukan kacang!)

5. Tidurlah 10 jam per hari sehingga jerawat tidak muncul.

6. Sering2lah keramas karena kotoran pada rambut itu akan membuat jerawat anda menjadi banyak! Selain itu memang wajib hukumnya laki2 berambut pendek.

Semoga tips di atas dapat membantu mengatasi masalah jerawat putra putri anda yang menginjak masa remaja dan tentunya anda juga jika memiliki masalah pada jerawat. Tips ini saya berikan berdasarkan pengalaman saya pribadi. Saya korban dokter wajah terkenal biaya mahal tapi metode busuk! Memang jerawat saya tidak sampai menimbulkan jaringan parut di kulit tapi selama 3 tahun saya harus bersabar menghilangkan bekas Facial bar-bar di wajah saya. (Sebagai referensi = cara mengatasi jerawat ala saya itu modalnya murah dan kulit kita tidak menjadi tipis sehingga daya proteksi kulit wajah terhadap debu tinggi) Bandingkan dengan saya yang dulu berobat di dokter afandi semarang (Estetika) = Biaya konsultasi jutaan hasil gak ada n dokternya gila kali ya masa wajah berminyak karena krim dia dan memicu timbulnya jerawat di bilang bagus? Dan yang lebih lucu lagi semua pasien dia sampai sekarang harus tetap memesan krim kecantikan di estetika semarang agar daya proteksi kulit wajah optimal.
(Istilahnya sih kecanduan obat wajahnya -_-)

Saya berharap jgn sampai wajah anda menjadi merah-merah karena flek bekas jerawat akibat facial ngawur! Jerawat itu gak boleh dipencet gak boleh dipegang juga gak boleh kena kotor.

Penyebab Jerawat & Cara Mengobati/Membersihkan Jerawat Di Wajah/Muka Kita Yang Berjerawat

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal di mana terjadi infeksi dan radang pada kelenjadi minyak pada kulit manusia. Jerawat bentuknya memang tidak sedap dipandang mata, mengganggu dan membuat kita tidak pede di depan umum. Jerawat pun juga terkadang berasa sakit jika disentuh sehingga kita ingin segera sembuh dari serngan jewarat. Jerawat tidak boleh kita sepelekan agar tidak menjadi parah.

B. Sumber Penyebab Timbul Penyakit Jerawat Pada Kulit

Jerawat biasanya dapat timbul dan terjadi karena hal-hal seperti :
1. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.
2. Kelenjar minyak yang diproduksi terlalu berlebih.
3. Karena faktor genetik turunan orangtua.
4. Faktor hormon seperti pada saat pubertas menginjak belia.
5. Adanya iritasi kulit.
6. Gaya hidup stres.
7. Pil KB.
8. dan lain sebagainya.

Biasanya minyak dan lapisan kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Komedi dapat menjadi radang jika terkontaminasi bakteri propionibacterium acnes atau p acnes. Radang itulah yang disebut jerawat. Setiap orang memiliki ketahanan masing-masing terhadap bakteri p acnes tersebut. Jerawat tidak hanya bisa muncul di wajah saja namun juga bagian lain seperti punggung, dada, lengan, kaki, pantat, dll.

C. Tips Cara Mambersihkan dan Menyembuhkan Jerawat Wajah

1. Rajin Membersihkan Wajah / Muka

Rawat wajah kita sebaik mungkin dengan membuatnya tetap bersih. Kenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan pembersih wajah. Sering membersihkan wajah akan sangat baik sekali tertama setelah bepergian ke tempat yang berudara kotor debu dan polusi. Bila ada dana ekstra jangan sungkan untuk facial.

Untuk perangkat pembersih muka ada baiknya memilih sabun yang khusus untuk kulit wajah yang kemudian dilanjutkan dengan lotion/cairan pembersih wajah dengan PH normal / PH balanced agar dapat mengangkat kotoran wajah dan minyak yang menempel erat. Dibandingkan kapas, kain lap akan jauh lebih baik dalam hal membersihkan kotoran yang menymbat pori-pori kulit muka.

Jerawat memang menggemaskan dan membuat malu. Tapi kita harus tetap menyikapi jrawat dengan kepala dingin dan tegar. Jangan pernah memijit atau memencet jerawat agar tidak terkena kotoran dan kuman yang menempel di tangan kita serta jerawat tidak infeksi. Biarkan jerawat pecah sendiri. Jerawat bisa semakin parah jika tidak disikapi dan ditanggulangi dengan baik.

2. Gaya Hidup Sehat

Makanlah makanan yang bergizi dan tidak berlebihan terutama makanan yang mengandung banyak minyak, banyak pengawet, berpenyedap rasa kuat, pedas, dsb. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak dan kolesterol serta makanan yang dapat memicu jerawat seperti keju, susu full cream, gorengan, dll.

Olahraga yang teratur, tidak begadang, tidak merokok, tidak mengkonsumsi narkoba, dll untuk membantu tubuh kita tetap memiliki pertahanan tubuh yang baik dan maksimal. Hindari zat radikal bebas yang dapat ditemukan dimana-mana serta menghadang dampak radikal bebas dengan minum teh atau lainnya yang mengandung antioksidan.

3. Obati Jerawat Yang Tidak Kunjung Sembuh Ke Dokter Spesialis Kulit

Jika jerawat terus membandel tidak mau hilang setelah melakukan berbagai tindakan pengobatan sendiri, maka sebaiknya kita konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendiskusikan jerawat yang kita miliki. Dokter akan membantu menghilangkan jerawat serta meminimalisir terbentuknya flek noda hitam pada wajah bekas jerawat.

Biasanya dokter akan memberikan obat antobiotik jika jerawat kita meradang dan bernanah. Ikuti petunjuk dokter dengan baik agar antibiotik tidak malah membuat kuman jerawat menjadi kebal obat-obatan. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan karena dapat memperparah keadaan jerawad.

- Semoga Lekas Sembuh Dengan Sukses -

Cara Mengatasi Jerawat

* Berbagai pengalaman yang saya miliki, saya mempunyai kesimpulan bahwa jerawat itu timbul karena adanya faktor-faktor dari dalam tubuh dan luar tubuh. Oleh karena itu saya memberikan solusi kepada anda semua untuk menghilangkan jerawat yang ada pada wajah anda.
  • Selalu menjaga kebersihan wajah, dengan rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan PH kulit anda. Berwudhu pun juga termasuk terapi ampuh untuk mengurangi jerawat.
  • Rajin berolahraga atau melakukan akitivitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat, hal ini terbukti sekali saat saya bekerja sebagai seorang pelaksana di sebuah perusahaan perkapalan dimana aktivitas kerja saya sangat banyak menghasilkan keringat yang ternyata berakibat positif untuk menurunkan tingkat keparahan jerawat saya.
  • Rajin minum air putih. Tampaknya memang sederhana, tapi terapi ini benar benar manjur tidak hanya untuk masalah jerawat saja bahkan untuk penyakit penyakit berat lain sekalipun. Dengan bagusnya sistem "pengairan" di tubuh anda, maka darah anda ataupun organ lain tubuh anda akan bisa lebih "bersih" dan sehat sehingga akan mendukung proses penyembuhan anda dari jerawat atau penyakit lainnya.
  • Hindari stress berlebihan karena bisa menjadi pemicu semakin banyaknya jerawat anda.
Untuk mencegah agar jerawat anda tidak menjadi semakin parah, berikut ini adalah solusinya :
  • Jangan memencet jerawat anda, apalagi jika tangan anda tidak bersih karena HANYA akan semakin meperparah jerawat anda bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi.
  • Jika timbul luka, anda dapat mengoleskan Betadine untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.
  • Cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar.
  • Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc.