Jumat, 20 Maret 2009

Kerusakan pada Mata yang Berakibat Fatal Bagi Kehidupan

Mata adalah salah satu alat panca indera yang mempunyai peranan penting, tapi dewasa ini, kesehatan mata terganggu oleh beberapa faktor dan apabila tidak diobati, maka akan mengalami kerusakan pada mata yang berakibat sangat fatal.

Mata berfungsi sebagai alat indera untuk manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk menghasilkan sebuah objek yang baik, mata mempunyai daya stereoskopi atau penginderaan tiga dimensi yang biasa disebut dengan daya penginderaan ruang. Namun tidak semua mata mempunyai daya tersebut. Untuk fungsi itu perlu dua mata yang fungsinya setara dan bisa terkoordinasi. "Jadi, orang yang memiliki satu mata tidak mempunyai gambaran tiga dimensi yang sebenarnya," tutur dr. Hadisujono S, spesialis mata.

Selain faktor tersebut, masih terdapat beberapa gangguan pada mata yang disebabkan perbedaan profesi dalam pekerjaan.

"Keluhan seorang nelayan tentu berbeda dengan profesi operator komputer," Hadisudjono memberi contoh.

Keluhan gangguan mata yang sering terjadi adalah pada seorang yang bekerja sebagai operator komputer, karena pada pekerjaan ini, mata selalu berhadapan dengan komputer, meskipun tidak selalu melihat komputer. Gangguan ini disebabkan oleh radiasi dari layar monitor yang terlalu tinggi, kelelahan mata, iritasi ringan seperti mata perih dan berair dan masih banyak lagi keluhan yang terjadi. Pupil mata bisa disamakan dengan diafragma kamera yang menyesuaikan kebutuhan ketajaman melihat pada jarak tertentu. Bila melihat dekat pupil mengecil agar bisa lebih fokus dan pandangan jadi lebih tajam.

Pupil bergerak sebanyak 75.000 - 150.000 kali per menit pada saat mata berhadapan dengan layar komputer, keyboard bahkan materi yang akan dikerjakan, hal ini lebih buruk dibandingkan dengan seseorang yang mempunyai hobi membaca buku yang membuat pupil bergerak 1 - 5 kali per menit. Sehingga menimbulkan kelelahan seperti mengantuk, mata berair dan sakit kepala yang disebabkan otot-otot luar penggerak bola mata bekerja ketika membaca atau sedang berinteraksi dengan komputer.

Dewasa ini banyak sekali terjadi pencemaran yang dapat berakibat buruk terhadap kesehatan mata, sebagai salah satu contohnya adalah udara yang kotor. Apabila udara yang kotor tersebut mengandung butiran-butiran debu dan debu tersebut masuk ke dalam mata, maka mata akan otomatis membantuk sutau pertahanan alami yaitu dengan mengeluarkan banyak cairan (air mata) yang berfungsi membersihkan dan mengeluarkan debu yang masuk ke dalam mata.

Selain pencemaran udara, masih terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan mata, misalnya seringnya mengkonsumsi obat-obatan, pemakaian kosmetika yang digunakan di sekitar mata, hairspray, cat rambut, yang tanpa sadar beberapa faktor ini mengganggu fungsi dari kelenjar air mata, namun yang sering sekali muncul sebagai suatu keluhan adalah masalah rokok. Beberapa wanita banyak melakukan operasi yang dilakukan di sekitar mata dan operasi tersebut bukan dilakukan seorang profesional mata (spesialis mata) yang menyebabkan terputusnya kelenjar air mata, faktor ini juga merupakan suatu hal yang terpenting diantara beberapa faktor lainnya.

Beberapa ahli menyarankan beberapa cara untuk tetap dapat menjaga keindahan mata dan fungsi kesehatan dari mata, buntuk dapat menggunakan kaca mata yang berwarna hitam pada saat Anda bepergian diteriknya mata hari. Selain berfungsi sebagai pelindung mata dari debu, kaca mata hitam juga melindungi mata dari sinar matahari yang mengandung ultraungu dan inframerah yang tidak pernah disadari masyarakat.

Istirahatkan mata Anda selama beberapa menit apabila Anda harus bekerja di depan komputer secara terus menerus, "Cari yang hijau-hijau, atau biru. Manfaatnya, mata tidak melakukan akomodasi, sehingga tidak stres," tutur Hadisudjono. Menonton televisi terlalu dekat juga dapat menggangu kesehatan mata, ikuti petunjuk bagaimana cara menonton televisi yang baik, jarak mata dengan televis yang normal, dan satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah jangan menonton televisi dengan tiduran.

Pola hidup yang sehat juga dapat membantu kesehatan mata yaitu dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A yang tinggi. Apabila terjadi kekurangan vitamin A, maka akan terjadi gangguan pada kesehatan mata, namun masih banyak masyarakat yang masing menganggap ringan untuk kesehatan mata mereka. Selain beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata di atas, konsumsi obat-obatan, misalnya obat mag, juga dapat mengakibatkan kekeringan kelenjar air mata. Apabila donsumsi obat-obatan tersebut dalam waktu yang panjang, obat golongan steroid bisa mengakibatkan glaukoma, atau katarak. Selain itu, bahan kimia juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Misalnya, kaustik soda untuk wastafel mampet, minyak rem, pembersih AC, serta pembersih keramik dan porselin, yang biasanya bersifat basa atau alkali, apabila mengenai mata bisa langsung menghancurkan mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar